LANGKAH-LANGKAH
PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK

Kegiatan ini diawali dengan menghimpun calon peserta yang akan dilibatkan dalam koneling kelompok, serta menentukan waktu dan tempat yang akan digunakan.

URAIAN KEGIATAN
Konseling kelompok dibagi 4 tahap yaitu :
Tahap 1                 : Pembentukan
Tahap 2                 : Peralihan
Tahap 3                 : Kegiatan
Tahap 4                 : Pengakhiran

TAHAP 1
Tahap ini merupakan tahap pengenalan, tahap pelibatan diri atau tahap memasukkan diri kedalam kehidupan suatu kelompok. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1.     Pembentukan kelompok
2.     Mengatur posisi duduk, sedemikian rupa sehingga seluruh anggota kelompok bisa duduk
berhadap-hadapansatu sama lain.
3.     Doa bersama
4.     Para anggota saling memperkenalkan diri, dan juga mengungkapkan tujuandan harapannya yang ingin dicapai
5.     Selanjutnya konselor sebagai pemimpin kelompok, menjelaskan tujuan yang ingin dicapai melalui konseling kelompok, kode etik, dan azas kerahasiaan perlu ditekankan

TAHAP 2
1.     Pemimpin kelompok menjelaskan tata tertib dari kegiatan-kegiatan yang akan ditempuh pada tahap III. ( merupakan kegiatan kelompok)
2.     Setelah itu pemimpinkelompok menawarkan apakah para anggota kelompok sudah siap untuk memulai kegiatan lebih lanjut kalau tawaran ini masih menimbulkan suasana pelibatan yang masih ragu dan was-was dari para anggota maka sebaiknya ditegaskan kembali mengenai maksud dan tujuan dan jaminan kerahasiaan. Kalau perlu mengulang kembali beberapa aspek dalam tahap pembentukan.

Kalau tawaran ini masih menimbulkan suasana yang ragu-ragu dan was-was anggota, maka sebaiknya ditegaskan kembali mengenai  maksud dan tujuan serta jaminan kerahasiaan, jika perlu mengulangi kembali beberapa aspek dalam tahap pembentukan
TAHAP 3.

1. Tiap anggota secara bergiliran mengemukakan masalah yang sedang dialaminya.
2. Setelah anggota kelompok selesai mengemukakan masalahnya masing-masing .
3. Mengadakan musyawarah guna menentukan masalah siapa dulu yang harus diprioritaskan pemaparannya, yang menjadi pertembangan dalam menentukan prioritas adalah masalah yang mendesak untuk ditangani dan yang menarik.
4. Untuk selanjutnya, jika memungkinkan menentukan urutan berikutnya, saat itu juga.
5. Menentukan masalah siswa yang menjadi prioritas
6. Guru pembimbing mempersilakan siswa yang mempunyai masalah itu untuk mengungkap kembali secara mendalam.
7. Guru pembimbing menawarkan kepada tsemua anggota kelompok untuk memberi tanggapan, saran, pendapat atau nasihat untuk minta jalan keluar/ pemecahan masalah tersebut.


TAHAP 4.

1.     Pemimpin kelompok memberitahu bahwa bahwa kegiatan akan diakhiri.
2.     Konselor, pimpinan kelompok menyampaikan kesan pesan yang diperolehnya melalui kegiatan ini.
3.     Konselor mempersilakan para anggota kelompok untuk mengemukakan kesannya dan hasil sesuai kegiatani ini.
4.     Konselor menawarkan musyawarah merencanakan pertemuan berikutnya, tentunya untuk menentukan masalah berikutnya.
5.     Do’a penutup, dipimpin konselor.
6.     Menyanyi bersama.







SKENARIO PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK
Kegiatan ini diawalidengan menghimpun calon peserta yang akan dilibatkan dalam konseling kelompok serta menentukan waktu dan tempatyang akan digunakan.
Konselor/konseli
Pernyataan konseli/respon konselor
Keterangan
Konselor
Assalamualaikum
Pembentukan

Konseli
Waalaikum salam
Konselor
Bagaimana kabarmu hari ini

Konseli
Baik baik saja bu

KO
Bagaimana kalau posisi duduk kita membentuk lingkaran biar lebih enak?

Ki
Siap!

KO
Oke, sebelumnya ibu ucapkan terima kasih banyak atas kehadirannya..Ada yang tahu kenapa kita berkumpul di sini?



Ki
Kita akan mengadakan konseling kelompok..bu?

Ko
Ya, betul sekali!, oke, ada yang tahu apa itu konseling kelompok?

Ki
Diam . Ada yang geleng-geleng dan ada yang, “belum’..bu

Ko
Baiklah ibu jelaskan.  Konseling kelompok yaitu sebuah bantuan yang diberikan oleh konselor kepada konseli supaya konseli/siswa mampu menyelesaikan masalahnya sendiri.  Tujuannya adalah untuk melatih siswa supaya terampil berkomunikasi dengan orang lain sehingga masalahnya bisa selesai. Bagaimana, sudah paham?

Ki
Ya bu, paham..

KO
Baiklah semua, supaya semua berjalan lancar mari kita awali konseling ini dengan membaca basmalah bersama..

Ki
Bismillahirrohmanirrohim

KO
Selanjutnya..kita akan memperkenalkan diri kita pada teman-taman. Pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang.  Betul? Nah, nanti kalau sudah kenal hendaknya saling menyayangi..saling menghormati.  Oke..  Dimulai dari mas sebelah kiri saya….yuk!


Ki
Nama saya ,,…………………………dst.
( konselor sambil merespon. Misalnya mengapresiasikan nama-nama tersebut, dan menanyakan nama panggilan, hobi dll.)

ta
Oke..terima kasih..semua memiliki nama yang bagus dan baik..

Ki
Terima kasih, bu!

Ko
Baiklah, setelah kita saling kenal, kita akan bermain sebentar, kita akan bernyanyi  sambil berdiri dan dengan gerakan serta ada perintah  kode dari ibu



Ki
Yes mom..

KO
Kita bernyanyi judulnya Marina. Diingat: “Marina” berarti kedua tangan terentang; “Menari”, kedua tangan bertemu di depan dada; “di atas” berarti tangan kanan di atas; “menara” berarti tangan kiri di atas. Semakin lama lagunya semakin cepat. Yang dibutuhkan dalam permainan ini adalah konsentrasi..dan kalau nanti ada yang salah..diberi sangsi ya? Sangsinya terserah ibu..Oh ya, bagi yang salah ibu tunjuk langsung memisahkan diri dan yang lain jalan terus. Bagaimana semua paham?

Selingan
Ki
Paham bu..

KO
Konsentrasi…!Saya hitung 3X dari sekarang..one,two three..go!

Ki
Marina menari di atas menara..(di bolak-balik)

Ko
Hayo ada yang ngga pas..

Ki
Ada yang salah..”menara” malah tangan kanan di atas. Yang betul tangan kiri.

Ko
Yang salah langsung memisahkan diri sesuai kesepakan, dan yang lain jalan lagi dst


Ki
Hahaha..

KO
“Di atas”



Ki
Konseli  tangan kanannya di atas

KO
Oke..cukup! Bagus sekali..

Ki
Konseli merasa senang dan tersenyum

KO
Sekarang mari duduk dikursi yang ada dihadapan kalian, saling berhadap –hadapan, ya!


Ki
Yes, mom

KO
Baiklah..kenalan sudah, bermain sudah.   Sekarang kita akan mengungkapkan masalah kita masing-masing.  Ada hal yang harus kita ketahui bahwa apa yang kita ungkapkan di sini tidak boleh diekspose ke luar.  Jadi kita harus sepakat untuk tidak membicarakan masalah ini di luar.  Hanya kita saja yang boleh tahu. Jadi asas kerahasiaan harus dijaga.  Seandainya nanti masalah ini sampai keluar berarti ada yang membocorkan dan itu berarti sebuah penghianatan.  Dia harus bertanggung jawab.
Peralihan






KO
Masih ingatkan apa yang kita lakukan selalu dicatat oleh kedua malaikat, dan Allah Maha Mengetahui..Bagaimana semua bersedia?


Ki
Bersedia bu..!

Ko
Oh ya ada 2 hal lagi yang harus diperhatikan selain asas kerahasiaan, yaitu asas kesukarelaan, dan asas keterbukaan.  Ada yang tahu maksudnya?

Ki
Belum bu

Ko
Baiklah ibu jelaskan.  Sukarela berarti Anda datang dengan kehendak sendiri, tidak karena terpaksa. Terbuka berarti mengemukakan dengan jujur, tidak bohong /dibuat-buat, memberikan informasi dg. Jelas. Paham? Semua datang dengan keinginan sendirikan, tidak diperkosa? Eh..maksud ibu dipaksa?hehe..(bagus..)

Ki
Paham bu..ga..

KO
Perlu diketahui bahwa  kegiatan ini ada tata tertibnya


Ki
Tata tertib apa itu bu?

KO
Yang pertama, masing-masing dari kalian akan menyampaikan masalah yang dialami, kemudian kita nanti bermusyawarah menentukan masalah siapa yang diprioritaskan dan dibahas.  Tentunya masalah yang mendesak dulu..baru yang lain.  Apabila ada yang belum diselesaikan akan dilanjutkan di lain waktu. Satu lagi, ketika teman bicara kita hendaknya memperhatikan.  Nanti disepakati ya? Sudah paham semua?











Ki
Yes  mom..

KO
Mari kita mulai dari… anda urutan paling kanan
Kegiatan

Ki
Siap pak!(berjalan secara bergantian)

Ko
Semua sudah mengungkapkan masalahnya.  Sebelum kita membantu menyelesaikan masalah teman kita mari kita bermain lagi
Selingan
Ki
Asyiiikkk

Ko
Lagunya sekarang adalah ayam dan bebek. Kalau “ayam” berarti kedua tangan di depan dada seperti mau mematok. Dan “bebek” berarti kedua siku mengepak seperti sayap mau terbang.  “ patuk-patukan” berarti kedua tangan bertemu membentuk patuk di depan dada. Semakin lama lagu semakin cepat..dan…yang salah mendapat sangsi. Bagaimana?

Ki
Ya..oke!

Ko
Oke, sekarang dengarkan lagunya dan perhatikan gerakannya. Are you clear?

Ki
Yes we are..

Ko
Yuk..wahid, itsnain, tsalatsa

Ki
Ayam 3x bebek; bebek 3x ayam; ayam mematuk bebek; bebek mematuk ayam; ayam bebek patuk-patukan

Ko
Ya bagus…, hayo ( 1 anak ketahuan salah..dst.) Ya cukup..

Ki
(tertawa..) dan yang salah mendapat sangsi

ko
Ya, bagus..masih semangat? Bisa kita lanjutkan?

Ki
Siap..

Ko
Baiklah..Mari kita sepakati masalah siapa yang menjadi prioritas pertama,kemudian ybs untuk mengemukakan kembali lebih dalam




Ki
Mungkin masalahnya si A..dulu bu..



Ko
Bagaimana sepakat masalah si A dulu?

Ki
Ya bu sepakat..


Baiklah..Mari kita diskusikan bersama..ibu harap masing-masing dari kalian nanti memberikan masukan untuk membantu menyelesaikan apa yang sedang dihadapi oleh teman kita A..oke? Coba silahkan mulai dari mbak B memberikan masukan..

Ki
Menurut saya…..dst.

KO
Ya, bagus sekali( Ko selalu memberi reward pada setiap jawaban siswa). Betul sekali bahwa……(ikut member masukan untuk melengkapi solusi).   Baiklah semua sudah memberi masukan yang sangat baik.  Sebelum kita mengahiri diskusi ini, coba sebutkan sekali lagi apa solusinya?
Pengakhiran

Ki
Bergantian mengungkapkan kembali solusi yang sudah dibahas dengan semangat.
kesimpulan
Ko
Right, Satu masalah sudah terselesaikan.  Karena waktu sudah habis bagaimana kalau yang lain kita selesaikan pada kesempatan yang akan datang?









Ki
Ya bu..dah siang

Ko
Kalau begitu bagaimana kalau kita sepakati saja sekarang kapan waktunya biar masalah kita cepat selesai?

Ki
Ya bu betul

Ko
Kira-kira kapan ya..pada jam yang sama?

Ki
Hari sabtu aja bu, sabtu besok ga ada jadual remidi

Ko
Bagaimana, sepakat?

Ki
Ya bu sepakat..

Ko
Bagus..nah, sekarang sebelum kita mengahiri pertemuan ini ibu ingin kalian memberikan kesan atau mungkin saran untuk perbaikan ke depan.  Silahkan siapa yang mau member kesan/saran

Ki
Saya bu, selama ini yang saya tahu BK itu sesuatu yang menakutkan, tepi setelah mengikuti layanan ini, ternyata kebalikannya..BK itu menyenangkan.  Saya jadi suka kegiatan layanan ini bu..

Ki2
Ya bu saya juga, ternyata dari kegiatan ini saya jadi lebih pinter

Ki3
Betul bu…banyak manfaatnya, dan yang jelas masalahnya bisa selesai shg. belajar jadi lebih konsentrasi..

Ko
Terima kasih.. ibu senang mendengarnya..jadi sepakat ya, hari sabtu besok pada jam yang sama?, sip!


Ki
Ya bu..sepakat.  Usul bu..bagaimana kalau sebelum konseling kita solat berjamaah dulu..biar konselingnya lebih fresh lagi.





Ki2
Saya bu, bagaimana kalau bawa makanan dan makan bersama dulu setelah solat, biar lebih konsentrasi, tidak memikirkan perut?

Ko
Ya, kedua usulan yang sangat bagus..bagaimana teman-teman? Setuju?




Ki
Ya setuju (semua menjawab serentak  sambil tersenyum penuh kemenangan)



Ko
Baiklah semua sudah jelas. Sekali lagi ibu ucapkan terimakasih atas kehadirannya. Dan sebelum kita tutup marilah kita baca hamdalah bersama.


Ki
Alhamdulillahirobbil’Alamiin
penutup
Ko
Sampai ketemu lagi pada kesempatan yang akan datang.  InsyaAllah..
Wassalamu’alaikum wr. Wb.




Ki
Waalaikum slm wr wb.




Ko
Hati-hati di jalan..Salam buat bapak ibu di rumah.

ki
Ya bu, insyaAllah..Makasih (sambil salamam dengan Ko. Untuk yang putri).


                                                                                                           
                                                                                                Liwa,     Maret 2014
                                                                                                Penyusun skenario
                                                                                                Konseling Kelompok

                                                                                                YOPI SUGARA, S.Pd
                                                                                                 NIP. 19870901 201101 1 004