LANGKAH-LANGKAH
PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK
Kegiatan
ini diawali dengan menghimpun calon peserta yang akan dilibatkan dalam koneling
kelompok, serta menentukan waktu dan tempat yang akan digunakan.
URAIAN
KEGIATAN
Konseling kelompok dibagi 4 tahap yaitu :
Tahap 1 : Pembentukan
Tahap 2 : Peralihan
Tahap 3 : Kegiatan
Tahap 4 : Pengakhiran
TAHAP 1
Tahap ini merupakan tahap pengenalan, tahap pelibatan
diri atau tahap memasukkan diri kedalam kehidupan suatu kelompok.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1.
Pembentukan kelompok
2.
Mengatur posisi duduk, sedemikian rupa
sehingga seluruh anggota kelompok bisa duduk
berhadap-hadapansatu sama lain.
3.
Doa bersama
4.
Para anggota saling memperkenalkan diri, dan
juga mengungkapkan tujuandan harapannya yang ingin dicapai
5.
Selanjutnya konselor sebagai pemimpin
kelompok, menjelaskan tujuan yang ingin dicapai melalui konseling kelompok,
kode etik, dan azas kerahasiaan perlu ditekankan
TAHAP 2
1.
Pemimpin kelompok
menjelaskan tata tertib dari kegiatan-kegiatan yang akan ditempuh pada tahap
III. (
merupakan kegiatan kelompok)
2.
Setelah itu pemimpinkelompok menawarkan
apakah para anggota kelompok sudah siap untuk memulai kegiatan lebih lanjut
kalau tawaran ini masih menimbulkan suasana pelibatan yang masih ragu dan
was-was dari para anggota maka sebaiknya ditegaskan kembali mengenai maksud dan
tujuan dan jaminan kerahasiaan. Kalau perlu mengulang kembali beberapa aspek
dalam tahap pembentukan.
Kalau
tawaran ini masih menimbulkan suasana yang ragu-ragu dan was-was anggota, maka
sebaiknya ditegaskan kembali mengenai
maksud dan tujuan serta jaminan kerahasiaan, jika perlu mengulangi
kembali beberapa aspek dalam tahap pembentukan
TAHAP 3.
1. Tiap anggota secara bergiliran mengemukakan masalah yang sedang dialaminya.
2. Setelah anggota kelompok selesai mengemukakan masalahnya masing-masing .
3. Mengadakan musyawarah guna menentukan masalah siapa dulu yang harus
diprioritaskan pemaparannya, yang menjadi pertembangan dalam menentukan
prioritas adalah masalah yang mendesak untuk ditangani dan yang menarik.
4. Untuk selanjutnya, jika memungkinkan menentukan urutan berikutnya, saat itu
juga.
5. Menentukan masalah siswa yang menjadi prioritas
6. Guru pembimbing mempersilakan siswa yang mempunyai masalah itu untuk
mengungkap kembali secara mendalam.
7. Guru pembimbing menawarkan kepada tsemua anggota kelompok untuk memberi
tanggapan, saran, pendapat atau nasihat untuk minta jalan keluar/ pemecahan
masalah tersebut.
TAHAP 4.
1. Pemimpin kelompok memberitahu bahwa bahwa kegiatan akan diakhiri.
2. Konselor, pimpinan kelompok menyampaikan kesan pesan yang diperolehnya
melalui kegiatan ini.
3. Konselor mempersilakan para anggota kelompok untuk mengemukakan kesannya
dan hasil sesuai kegiatani ini.
4. Konselor menawarkan musyawarah merencanakan pertemuan berikutnya, tentunya
untuk menentukan masalah berikutnya.
5. Do’a penutup, dipimpin konselor.
6. Menyanyi bersama.
SKENARIO
PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK
Kegiatan
ini diawalidengan menghimpun calon peserta yang akan dilibatkan dalam konseling
kelompok serta menentukan waktu dan tempatyang akan digunakan.
Konselor/konseli
|
Pernyataan
konseli/respon konselor
|
Keterangan
|
Konselor
|
Assalamualaikum
|
Pembentukan
|
Konseli
|
Waalaikum
salam
|
|
Konselor
|
Bagaimana
kabarmu hari ini
|
|
Konseli
|
Baik
baik saja bu
|
|
KO
|
Bagaimana
kalau posisi duduk kita membentuk lingkaran biar lebih enak?
|
|
Ki
|
Siap!
|
|
KO
|
Oke,
sebelumnya ibu ucapkan terima kasih banyak atas kehadirannya..Ada yang tahu
kenapa kita berkumpul di sini?
|
|
Ki
|
Kita
akan mengadakan konseling kelompok..bu?
|
|
Ko
|
Ya,
betul sekali!, oke, ada yang tahu apa itu konseling kelompok?
|
|
Ki
|
Diam
. Ada yang geleng-geleng dan ada yang, “belum’..bu
|
|
Ko
|
Baiklah
ibu jelaskan. Konseling kelompok yaitu
sebuah bantuan yang diberikan oleh konselor kepada konseli supaya
konseli/siswa mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. Tujuannya adalah untuk melatih siswa supaya
terampil berkomunikasi dengan orang lain sehingga masalahnya bisa selesai.
Bagaimana, sudah paham?
|
|
Ki
|
Ya
bu, paham..
|
|
KO
|
Baiklah
semua, supaya semua berjalan lancar mari kita awali konseling ini dengan
membaca basmalah bersama..
|
|
Ki
|
Bismillahirrohmanirrohim
|
|
KO
|
Selanjutnya..kita
akan memperkenalkan diri kita pada teman-taman. Pepatah mengatakan tak kenal
maka tak sayang. Betul? Nah, nanti
kalau sudah kenal hendaknya saling menyayangi..saling menghormati. Oke..
Dimulai dari mas sebelah kiri saya….yuk!
|
|
Ki
|
Nama
saya ,,…………………………dst.
(
konselor sambil merespon. Misalnya mengapresiasikan nama-nama tersebut, dan
menanyakan nama panggilan, hobi dll.)
|
|
ta
|
Oke..terima
kasih..semua memiliki nama yang bagus dan baik..
|
|
Ki
|
Terima
kasih, bu!
|
|
Ko
|
Baiklah,
setelah kita saling kenal, kita akan bermain sebentar, kita akan
bernyanyi sambil berdiri dan dengan
gerakan serta ada perintah kode dari
ibu
|
|
Ki
|
Yes
mom..
|
|
KO
|
Kita
bernyanyi judulnya Marina. Diingat: “Marina” berarti kedua tangan terentang;
“Menari”, kedua tangan bertemu di depan dada; “di atas” berarti tangan kanan
di atas; “menara” berarti tangan kiri di atas. Semakin lama lagunya semakin
cepat. Yang dibutuhkan dalam permainan ini adalah konsentrasi..dan kalau
nanti ada yang salah..diberi sangsi ya? Sangsinya terserah ibu..Oh ya, bagi
yang salah ibu tunjuk langsung memisahkan diri dan yang lain jalan terus.
Bagaimana semua paham?
|
Selingan
|
Ki
|
Paham
bu..
|
|
KO
|
Konsentrasi…!Saya
hitung 3X dari sekarang..one,two three..go!
|
|
Ki
|
Marina
menari di atas menara..(di bolak-balik)
|
|
Ko
|
Hayo
ada yang ngga pas..
|
|
Ki
|
Ada
yang salah..”menara” malah tangan kanan di atas. Yang betul tangan kiri.
|
|
Ko
|
Yang
salah langsung memisahkan diri sesuai kesepakan, dan yang lain jalan lagi dst
|
|
Ki
|
Hahaha..
|
|
KO
|
“Di
atas”
|
|
Ki
|
Konseli tangan kanannya di atas
|
|
KO
|
Oke..cukup!
Bagus sekali..
|
|
Ki
|
Konseli
merasa senang dan tersenyum
|
|
KO
|
Sekarang
mari duduk dikursi yang ada dihadapan kalian, saling berhadap –hadapan, ya!
|
|
Ki
|
Yes,
mom
|
|
KO
|
Baiklah..kenalan
sudah, bermain sudah. Sekarang kita
akan mengungkapkan masalah kita masing-masing. Ada hal yang harus kita ketahui bahwa apa
yang kita ungkapkan di sini tidak boleh diekspose ke luar. Jadi kita harus sepakat untuk tidak
membicarakan masalah ini di luar.
Hanya kita saja yang boleh tahu. Jadi asas kerahasiaan harus
dijaga. Seandainya nanti masalah ini
sampai keluar berarti ada yang membocorkan dan itu berarti sebuah
penghianatan. Dia harus bertanggung jawab.
|
Peralihan
|
KO
|
Masih
ingatkan apa yang kita lakukan selalu dicatat oleh kedua malaikat, dan Allah
Maha Mengetahui..Bagaimana semua bersedia?
|
|
Ki
|
Bersedia
bu..!
|
|
Ko
|
Oh
ya ada 2 hal lagi yang harus diperhatikan selain asas kerahasiaan, yaitu asas
kesukarelaan, dan asas keterbukaan.
Ada yang tahu maksudnya?
|
|
Ki
|
Belum
bu
|
|
Ko
|
Baiklah
ibu jelaskan. Sukarela berarti Anda
datang dengan kehendak sendiri, tidak karena terpaksa. Terbuka berarti
mengemukakan dengan jujur, tidak bohong /dibuat-buat, memberikan informasi
dg. Jelas. Paham? Semua datang dengan keinginan sendirikan, tidak diperkosa?
Eh..maksud ibu dipaksa?hehe..(bagus..)
|
|
Ki
|
Paham
bu..ga..
|
|
KO
|
Perlu
diketahui bahwa kegiatan ini ada tata
tertibnya
|
|
Ki
|
Tata
tertib apa itu bu?
|
|
KO
|
Yang
pertama, masing-masing dari kalian akan menyampaikan masalah yang dialami,
kemudian kita nanti bermusyawarah menentukan masalah siapa yang
diprioritaskan dan dibahas. Tentunya
masalah yang mendesak dulu..baru yang lain.
Apabila ada yang belum diselesaikan akan dilanjutkan di lain waktu.
Satu lagi, ketika teman bicara kita hendaknya memperhatikan. Nanti disepakati ya? Sudah paham semua?
|
|
Ki
|
Yes mom..
|
|
KO
|
Mari
kita mulai dari… anda urutan paling kanan
|
Kegiatan
|
Ki
|
Siap
pak!(berjalan secara bergantian)
|
|
Ko
|
Semua
sudah mengungkapkan masalahnya.
Sebelum kita membantu menyelesaikan masalah teman kita mari kita
bermain lagi
|
Selingan
|
Ki
|
Asyiiikkk
|
|
Ko
|
Lagunya
sekarang adalah ayam dan bebek. Kalau “ayam” berarti kedua tangan di depan
dada seperti mau mematok. Dan “bebek” berarti kedua siku mengepak seperti
sayap mau terbang. “ patuk-patukan”
berarti kedua tangan bertemu membentuk patuk di depan dada. Semakin lama lagu
semakin cepat..dan…yang salah mendapat sangsi. Bagaimana?
|
|
Ki
|
Ya..oke!
|
|
Ko
|
Oke,
sekarang dengarkan lagunya dan perhatikan gerakannya. Are you clear?
|
|
Ki
|
Yes
we are..
|
|
Ko
|
Yuk..wahid,
itsnain, tsalatsa
|
|
Ki
|
Ayam
3x bebek; bebek 3x ayam; ayam mematuk bebek; bebek mematuk ayam; ayam bebek
patuk-patukan
|
|
Ko
|
Ya
bagus…, hayo ( 1 anak ketahuan salah..dst.) Ya cukup..
|
|
Ki
|
(tertawa..)
dan yang salah mendapat sangsi
|
|
ko
|
Ya,
bagus..masih semangat? Bisa kita lanjutkan?
|
|
Ki
|
Siap..
|
|
Ko
|
Baiklah..Mari
kita sepakati masalah siapa yang menjadi prioritas pertama,kemudian ybs untuk
mengemukakan kembali lebih dalam
|
|
Ki
|
Mungkin
masalahnya si A..dulu bu..
|
|
Ko
|
Bagaimana
sepakat masalah si A dulu?
|
|
Ki
|
Ya
bu sepakat..
|
|
|
Baiklah..Mari
kita diskusikan bersama..ibu harap masing-masing dari kalian nanti memberikan
masukan untuk membantu menyelesaikan apa yang sedang dihadapi oleh teman kita
A..oke? Coba silahkan mulai dari mbak B memberikan masukan..
|
|
Ki
|
Menurut
saya…..dst.
|
|
KO
|
Ya,
bagus sekali( Ko selalu memberi reward pada setiap jawaban siswa). Betul
sekali bahwa……(ikut member masukan untuk melengkapi solusi). Baiklah semua sudah memberi masukan yang
sangat baik. Sebelum kita mengahiri
diskusi ini, coba sebutkan sekali lagi apa solusinya?
|
Pengakhiran
|
Ki
|
Bergantian
mengungkapkan kembali solusi yang sudah dibahas dengan semangat.
|
kesimpulan
|
Ko
|
Right,
Satu masalah sudah terselesaikan.
Karena waktu sudah habis bagaimana kalau yang lain kita selesaikan
pada kesempatan yang akan datang?
|
|
Ki
|
Ya
bu..dah siang
|
|
Ko
|
Kalau
begitu bagaimana kalau kita sepakati saja sekarang kapan waktunya biar
masalah kita cepat selesai?
|
|
Ki
|
Ya
bu betul
|
|
Ko
|
Kira-kira
kapan ya..pada jam yang sama?
|
|
Ki
|
Hari
sabtu aja bu, sabtu besok ga ada jadual remidi
|
|
Ko
|
Bagaimana,
sepakat?
|
|
Ki
|
Ya
bu sepakat..
|
|
Ko
|
Bagus..nah,
sekarang sebelum kita mengahiri pertemuan ini ibu ingin kalian memberikan
kesan atau mungkin saran untuk perbaikan ke depan. Silahkan siapa yang mau member kesan/saran
|
|
Ki
|
Saya
bu, selama ini yang saya tahu BK itu sesuatu yang menakutkan, tepi setelah
mengikuti layanan ini, ternyata kebalikannya..BK itu menyenangkan. Saya jadi suka kegiatan layanan ini bu..
|
|
Ki2
|
Ya
bu saya juga, ternyata dari kegiatan ini saya jadi lebih pinter
|
|
Ki3
|
Betul
bu…banyak manfaatnya, dan yang jelas masalahnya bisa selesai shg. belajar
jadi lebih konsentrasi..
|
|
Ko
|
Terima
kasih.. ibu senang mendengarnya..jadi sepakat ya, hari sabtu besok pada jam
yang sama?, sip!
|
|
Ki
|
Ya
bu..sepakat. Usul bu..bagaimana kalau
sebelum konseling kita solat berjamaah dulu..biar konselingnya lebih fresh
lagi.
|
|
Ki2
|
Saya
bu, bagaimana kalau bawa makanan dan makan bersama dulu setelah solat, biar
lebih konsentrasi, tidak memikirkan perut?
|
|
Ko
|
Ya,
kedua usulan yang sangat bagus..bagaimana teman-teman? Setuju?
|
|
Ki
|
Ya
setuju (semua menjawab serentak sambil
tersenyum penuh kemenangan)
|
|
Ko
|
Baiklah
semua sudah jelas. Sekali lagi ibu ucapkan terimakasih atas kehadirannya. Dan
sebelum kita tutup marilah kita baca hamdalah bersama.
|
|
Ki
|
Alhamdulillahirobbil’Alamiin
|
penutup
|
Ko
|
Sampai
ketemu lagi pada kesempatan yang akan datang.
InsyaAllah..
Wassalamu’alaikum
wr. Wb.
|
|
Ki
|
Waalaikum
slm wr wb.
|
|
Ko
|
Hati-hati
di jalan..Salam buat bapak ibu di rumah.
|
|
ki
|
Ya
bu, insyaAllah..Makasih (sambil salamam dengan Ko. Untuk yang putri).
|
|
Liwa,
Maret
2014
Penyusun skenario
Konseling
Kelompok
YOPI SUGARA, S.Pd
NIP.
19870901 201101 1 004
0 Komentar